Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15+ Manfaat Makan Buah Pepaya Untuk Tubuh Menurut Para Dokter Ahli

Manfaat Makan Buah Pepaya Untuk Tubuh Menurut Para Dokter Ahli

Infolokerin.com - Siapa yang tidak kenal buah pepaya? Buah yang berwarna oranye dengan tekstur yang lembut ini merupakan salah satu buah yang paling populer di dunia. Selain rasanya yang manis dan segar, buah pepaya juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Pertama-tama, buah pepaya mengandung banyak vitamin C, yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, pepaya juga kaya akan vitamin A, E, dan K, serta serat, kalium, dan folat.

Manfaat kesehatan dari buah pepaya tidak berhenti di sana. Pepaya juga dikenal memiliki enzim papain yang dapat membantu memecah protein dalam makanan, sehingga membantu proses pencernaan. Enzim papain juga dapat membantu mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan luka.

Manfaat Makan Buah Pepaya Untuk Tubuh

Berikut ini selengkapnya seputar manfaat Pepaya yang sangat baik jika kita mengkonsumsinya secara teratur.

1. Memerangi Peradangan

Taukah kalian bahwa peradangan kronis bisa memucu datangnya beragam penyakit, seperti stroke, Jantung hingga kanker.

Peradangan ini disebabkan oleh gaya hidup atau pola makan yang kurang sehat adalah pemicu penyakit peradangan.

Nah, salah satu pencegah dan obat dari penyakit ini adalah buah dan sayuran yang akaya akan antioksidan. Buah Pepaya sangat memantu mengurangi gejala peradangan pada tubuh kita.

2. Menyehatkan Jantung

Mengkonsumsi buah Pepaya juga sangat baik untuk meningkatkan kesehatan Jantung kita.

Bagi para penderita atau ingin mencegah penyakita Jantung, maka kita harus sering mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung likopen dan vitamin C, seperti Pepaya contohnya.

Pepaya juga mengandung antioksidan yang mampu melindungi jantung serta dapat meningkatkan efek perlindungan kolestrol baik (HDL)

3. Mengurangi Resiko Kanker

Dalam kandungan buah Pepaya terdapat Likopen yang sangat bermanfaat dalam mengurangi resiko kanker berdasarkan banyak study kedokteran.

Selain itu, Pepaya juga mengandung antioksidan yang berperan dalam mengurangi radikal bebas yang dapat biasanya jadi penyebab sel-sel kanker tumbuh.

Menariknya, menurut para ahli dari dari 14 buah dan sayuran yang memiliki sifat antioksidan hanya pepaya yang memiliki aktifitas antikanker.

Jika kita juga teratur dalam mengkonsumsi buah Pepaya juga efektif dalam mengurangi kerusakan Oksidatif.

4. Menjaga Kestabilan Gula Darah

Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa asupan serat yang tinggi bisa menurunkan kadar gula darah seseorang dengan diabetes tipe 1 dan 2.

Pepaya sendiri per-satu buahnya yang kecil itu sudah mengandung 3 gram serat yang setara dengan 17 gram karbohidrat.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Pepaya mengandung Vitamin A yang sangat baik dalam membantu menjaga kesehatan tulang. Jika kita kekurangan asupan vitamin K, maka kita beresiko mudah patah tulang.

Vitamin K sendiri dapat membantu tubuh kita dalam menyerap kalsium serta mengurangi ekskresi kalsium, sehingga bisa membuat tulang jauh lebih kuat.

6. Melindungi Kesehatan Kulit

Selain baik untuk kesehatan tubuh, manfaat buah Pepaya juga baik untuk wajah dan kecantikan. Hal ini sudah lama jadi bahan riset dan dibuktikan oleh para ahli kecantikan.

Jadi, bagi kalian nih yang ingin memiliki kulit dan wajah yang kencang serta lebih awet muda, maka konsumsilah secara teratur buah Pepaya.

Hal ini karena efek dari Radikal bebas dapat menyebabkan munculnya kerutan, kulit kendur, serta kerusakan lainnya seiring dengan bertambahnya usia kita.

Maka untuk mengimbangi hal ini diperlukan asupan Vitamin C serta Likopen yang ada pada Pepaya yang sudah terbukti mampu melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan.

7. Melancarkan Pencernaan

Kandungan Papain dalam buah Pepaya dapat membantu protein lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Dengan rutin mengkonsumsi buah Pepaya selama 40 hari saja, maka ini bisa membantu kita mengatasi sembelit serta perut kembung.

Tidak hanya itu, Pepaya yang banyak mengandung serat dan air juga sangat bagus dalam membantu kita dalam mencegah sembelit serta buang air besar secara lebih teratur.  

8. Menurunkan Kolesterol

Kandungan serta pada Pepaya serta antioksidan dan Vitamin C-nya dapat membat tubuh kita mampu menghindari resiko serangan kolestrol.

Cara mengkonsumsinya juga mudah, yaitu cukup tambahkan semangkuk pepaya untuk diet harian Anda, maka dengan mengunyah buah lezat ini, Anda bisa terhindar dari penyakit jantung.

9. Baik Untuk Penderita Diabetes

Diabetes biasanya disebabkan oleh banyaknya kita mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis-manis. Namun, meski Pepaya juga manis, dia punya kandungan gula yang relatif rendah, sehingga bagus dikonsumsi oleh penderita Diabetes.

Selain itu, kandungan nutrisi Phyto dan juga vitaminnya mampu mengurangi resiko penyakit jantung untuk para penderita Diabetes, serta dapat melindungi hati.

10. Membuat Mata Lebih Sehat

Kandungan cyptoxanthin, zeaxanthin dan lutein serta vitamin A dalam buah Pepaya sangat bermanfaat untuk mencegah degenerasi makula akibat penuaan dan melindungi mata dari kemungkinan kerusakan.

11. Mencegah Kanker Usus & Prostat

Sebuah study dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa kandungan beta karoten dalam pepaya efektif dalam menekan pertumbuhan kanker usus serta kanker prostat.

Selain itu, kandungan antioksidan dan flavonoid-nya juga bisa mencegah kerusakan radikal dalam sel serta dapat membantu mengurangi resiko kanker.

12. Mengurangi Nyeri Haid

Bagi perempuan yang sering engalami nyeri saat haid dan selalu berjuang mengatasinya, maka cobalah untuk memasukkan Pepaya sebagai bagian dari diat kalian.

Pasalnya Pepaya juga mengandung Enzim yang disebut papain yang efektif dalam mengatur dan melancarkan aliran darah saat menstruasi.

13. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dengan adanya buah Pepaya yang biasanya didaerah kita sangat berlimpah, kita tidak usah repot-repot lagi beli suplemen vitamin. Pasalnya Pepaya sudah menyiapkan hingga 2 kali lipat supan vitamin C harian yang direkomendasikan.

Dengan mengkonsumsi Pepaya berarti kita sudah bagus dalam menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga mampu bertahan dari semua jenis infeksi.

14. Pencegahan Asma

Kita bisa menghindari resiko terserang penyakit asma dengan mengkonsumsi sejumlah nutrisi tinggi tertentu.

Salah satu nutrisi yang tepat bernama Karoten yang kandungan ini banyak ditemukan di buah Pepaya.

Sebenarnya Karoten juga bisa kita dapatkan disumber-sumber lainnya, seperti brokoli, melon, labu dan wortel.

15. Mempercepat Penyembuhan Luka

Lagi-lagi kandungan Papain dan kandungan enzim proteolitik chymopapain dalam buah Pepaya fungsinya sama seperti salep untuk luka.

Salep sendiri sebenarnya mengandung enzim papain yang telah lama digunakan sebagai obat ulkus dikubitus atau luka kering.

Caranya bisa dengan menumbuk buah Pepaya dan mengoleskannya pada luka atau infeksi pada kulit.  

Penutup

Dalam dunia kesehatan, buah pepaya sering kali dianggap sebagai salah satu buah yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah pepaya secara teratur dapat memberikan banyak manfaat kesehatan, mulai dari meningkatkan pencernaan hingga mencegah penyakit tertentu.

Salah satu manfaat utama dari buah pepaya adalah kandungan seratnya yang tinggi, yang dapat membantu meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, buah pepaya juga mengandung enzim papain yang dapat 

2 comments for "15+ Manfaat Makan Buah Pepaya Untuk Tubuh Menurut Para Dokter Ahli"